Ragi Tempe oh... Ragi Tempe


Hari ke-23 di bulan November berarti tinggal 7 hari lagi bulan ke-11 ini akan habis, dan kembali saya tidak taat untuk mengisi blog ini paling tidak harusnya 3 coretan saya tulis.

Gak sengaja tadi ngobrol sama mamah, yang lagi ngomongin cara buat tempe, damnnn kembali kita bingung beli ragi dimana untuk buat tempe itu.


Soalnya ngobrolin cara buat tempe sendiri dan kembali gak jadi lagi, gara-gara bingung nyari ragi dimana udah sejak beberapa tahun lalu. Padahal nenek saya dari bapak dulunya sering banget membuat tempe untuk dijual lagi, bahkan saya sering ngeliat proses pembuatan tempe kalau lagi main ke rumahnya, nah salahnya saya gak pernah nanya dari mana dapat raginya, secara ketika nenek saya masih aktif membuat tempe saya masih SD yang ngeliatin proses pembuatannya karena seneng aja.

Dan saya pun pernah nulis cara membuat tempe dengan arahan cara ngebuatnya oleh mamah, ketika mengerjakan tugas bahasa Sunda membuat tulisan deskriptif bahasa Sunda waktu SMP.

Balik lagi ke ragi tempe, yang gak tahu di mana belinya, tadi sempet iseng-iseng nyari ke paman google dan hasil dari penelusuran  beberapa tulisan yang saya temukan, ternyata susah banget nyari ragi itu bahkan karena tidak nemu, ada yang membuat ragi sendiri dari tempe yang dibusukan tapi hasilnya tidak sebagus ragi yang asli.

Jadi pabrik-pabrik tempe itu dapat ragi dari mana?

Comments