Nutrisi dalam Jeruk

Jeruk, buah yang satu ini pasti menjadi idola semua. Melihat warna kulit luarnya  yang kuning, hijau, maupun oranye mampu menggoda siapapun untuk mencicipinya, begitupun dengan rasanya yang manis segar bisa menghilangkan dahaga.

Selain penampilannya yang menawan, jeruk memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita lho. Jeruk yang terdiri dari bulir-bulir berwarna oranye ini menyimpan vitamin C yang sangat penting dalam melawan berbagai serangan penyakit, memelihara kesehatan kulit, serta menjaga kekuatan tulang, gigi, dan gusi.

Buah yang pohonnya berakar tunggang ini, mengandung serat yang berguna dalam menurunkan kadar kolestrol di dalam darah, melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit sembelit (susah buang air besar), dan membantu proses penyerapan gizi.

Jeruk juga kaya akan asam folat yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Asam folat sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab asam folat sangat berguna untuk perkembangan otak adik bayi di dalam kandungan dan menghindari adik bayi lahir sebelum waktunya (prematur).

Di dalam jeruk terdapat kalium yang berfungsi mengatur kadar cairan dan mengedarkan cairan ke seluruh bagian tubuh. Kalium pun sangat penting dalam mengatur gerakan otot tubuh.

Nah, selain dapat dinikmati secara langsung atau diolah menjadi jus jeruk yang enak, jeruk juga sering dipergunakan untuk kebutuhan industri makanan, minuman, farmasi, dan kosmetik. Wow banyak sekali ya kehebatan jeruk, selain rasanya yang manis juga menyimpan banyak gizi dan manfaat ya.(Dari berbagai sumber)

Comments