Sekolah Malam

Sekolah malam, adakah yang pernah mengalaminya juga ? bukan sekolah malam yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengambil kelas khusus atau karyawan, tapi ini sekolah malam waktu duduk di SD. Hanya ingin bercerita di blog ini, tentang sekolah malam yang pernah saya rasakan mungkin ada siswa beberapa sekolah di luar SD tempat saya menimba ilmu mengalaminya?.

Tepatnya sekolah malam ini pernah diuji cobakan ketika saya duduk di kelas 4 SD, sekitar tahun 1994 kala itu saya lupa siapa menteri pendidikannya, yang pasti sekolah malam itu hanya berjalan tidak kurang dari seminggu, karena keburu diprotes oleh semua orangtua bahkan ada orangtua yang sampai melarang anaknya untuk sekolah.



Jadi sekolah ini diuji cobakan di sekolah yang menerapkan sekolah pagi dan siang, karena kekurangan kelas di tempat saya belajar ada 2 SD yang memakai satu gedung sekolah (kasihan banget ya jaman kemerdekaan gedung sekolah saja harus berbagi). Nah kebetulan saat uji coba itu saya kebagian sekolah siang yang biasanya jadwalnya dari pukul 12.30 sampai dengan 16.30 eh karena sekolah malam jadi berubah maju lebih siang dua jam jadi pukul 14.30 dan keluar 18.30 bahkan sempet juga sampai pukul 19.30 karena kebanyakan waktu istirahat untuk sholat ashar dan magrib.

Bahkan dalam sekolah malam itu, pelajaran olah raga dilakukan pada malam hari setelah magrib, bener-bener aneh bukannya sehat malah nyari penyakit tuh aturan. Sampai sekarang saya tidak pernah mencari tahu alasan uji coba kebijakan tersebut, dan jaman dulu tidak ada penjelasan kebijakan tersebut yang diberitakan di media massa.

Jadi apa tujuan ada uji coba sekolah malam ?

Comments