Nada Bicara Hilang

Sejak banyaknya cara  berkomunikasi melalui jejaring sosial dan chatting, saya jadi kehilangan bagian dari ciri khas dengan orang yang diajak berkomunikasi, yaitu suara dan cara bicara dari orang yang saya ajak berkomunikasi. Kalau untuk bentuk fisik seperti wajah dan tubuh masih bisa saya lihat dari foto-foto yang dipajang di jejaring sosial atau profile picture, sehingga saat bertemu atau kopi darat tinggal mencocokkan ciri-ciri fisiknya dengan dalam fotonya. 


Tapi untuk suara dan cara bicara yang biasanya saya simpan dalam memori otak untuk mengenali seseorang dan membedakan orang yang satu dengan yang lainnya, rasanya semakin sulit. Bahkan saya pernah sekali waktu bertemu dengan beberapa orang secara langsung yang sebelumnya kebanyakan berkomunikasi melalui teks atau bahasa tulisan, walaupun berkomunikasi sampai beberapa jam tapi tetep memori di otak saya tidak dapat menyimpannya (mungkin otaknya perlu di upgrade ulang, hehehehe), apalagi jika orang yang saya ajak bicara secara langsung itu seseorang yang pendiam, maka hilang lah file nada suara dan cara bicara dalam pikiran saya.





Comments