Buku Raffles and The British Invasion of Java & History of Java

 
 


Sebenarnya saya mendapatkan buku History of Java karya Raffles lebih dahulu dibandingkan dengan buku Raffles and The British Invansion of Java yang ditulis Tim Hannigan, tetapi karena terkait dengan pekerjaan saya, maka saya menyelesaikan membaca buku Raffles and The British Invansion of Java dalam versi bahasa Indonesia lebih dahulu dibandingkan buku karya Raffles yang saya baca dalam versi bahasa Inggris.


Setelah membaca keduanya, ternyata memberikan pandangan yang berbeda dalam pikiran saya dan kedua buku ini saling melengkapi. Jika dalam buku karya Tim Hannigan yang terbit pada tahun 2012 versi bahasa Inggris dan 2015 dalam bahasa Indonesia lebih banyak mengungkapkan sisi gelap Raffles saat berada di Jawa, bisa dibaca dalam resensi yang saya tulis di blog ini, sementara dalam buku karya Raffles yang ditulis tahun 1817, saya menemukan kondisi alam dan kehidupan masyarakat Jawa pada masa itu, meskipun ada beberapa pandangan Raffles tentang masyarakat Jawa dari sisi dia sebagai orang Inggris pada masyarakat yang dijajahnya.

Dalam buku History of Java, saya mendapatkan gambaran budaya Jawa yang menurut saya komplit, budaya Jawa yang bercampur dengan budaya lainnya yang masuk ke tanah Jawa. Yang sebagian kini masih dapat saya temukan, walaupun telah berganti waktu hampir 200 tahun yang lalu.

Comments