Keunikan Ikan Sapu-sapu

Coba tebak ikan apa yang suka bersih-bersih dan menempel di dinding akuarium? Yup, betul ikan sapu-sapu (Hypostomus plecostomus). Konon nama sapu-sapu, terkait dengan kebiasaan ikan ini membersihkan kotoran di dalam akuarium maupun sungai yang tercemar.

Kenapa bisa begitu ya, apakah ikan sapu-sapu hobi bersih-bersih? Sebenarnya ikan yang satu ini bukan senang membersihkan kotoran yang ada di dalam akuarium atau sungai lho. Ikan sapu-sapu melakukan hal itu untuk mengenyangkan perutnya, caranya dengan memakan berbagai kotoran, alga maupun lumut yang seringkali menempel di dinding, dasar akuarium atau yang tersebar di dalam air.

Nah, biasanya setelah merasa kenyang, ikan yang termasuk hewan pemakan segala (omnivora) ini, akan beristirahat dengan menempel pada dinding akuarium yang kotorannya sudah dimakan. Meskipun ikan sapu-sapu suka memakan segala jenis makanan, jangan khawatir ikan ini tidak akan menyerang dan memakan ikan hias lain yang ada di dalam akuarium untuk mengenyangkan perutnya.

Berbeda dengan ikan pada umumnya, ikan sapu-sapu lebih banyak diam dan menempel di dinding akuarium daripada berenang. Keunikan lainnya pada ikan ini, yaitu memiliki dua alat pernapasan yakni insang dan labirin. Labirin merupakan bagian dari insang yang berfungsi guna menyimpan cadangan oksigen.

Ikan air tawar ini menggunakan insang untuk bernapas ketika berada di wilayah perairan yang bersih, sementara jika berada di  perairan yang kotor atau banyak mengandung lumpur, maka ikan ini akan menggunakan labirin untuk bernapas. Unik dan lucu ya cara hidup ikan sapu-sapu. (Dari berbagai sumber)

Comments