Khasiat Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih tidak hanya bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh lho. Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Minyak yang jernih seperti air dan ada juga yang berwarna kuning kehijauan ini sudah sejak zaman dahulu, digunakan untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk, semut, ulat, dan jenis serangga lainnya. Selain itu, minyak kayu putih dapat dipakai untuk mengurangi sakit perut, perut kembung karena masuk angin, dan sakit kepala.

Cara menggunakannya mudah lho, cukup dengan mengoleskan atau menggosokkan minyak ini pada bagian tubuh yang terasa sakit atau gatal. Menghirup aroma minyak kayu putih dengan dosis yang tepat juga, bisa menjadi salah satu cara untuk melegakkan hidung tersumbat akibat flu maupun pilek. Tetapi, pastinya harus berhati-hati ketika memakainya, jangan sampai terkena mata, karena bau khas dan rasa pedas minyak kayu putih akan membuat mata perih.

Minyak kayu putih dihasilkan dari proses penyulingan (distilasi), daun dari pohon kayu putih. Minyak kayu putih mengandung senyawa kimia sineol, valeraldehida, alfa terpineol, dan benzaldehida yang berfungsi sebagai antibakteri, antiseptik, dan penenang.

Selain dapat dipergunakan untuk mengobati dan meredakan rasa sakit dan gatal, minyak kayu putih juga sering dipilih sebagai bahan campuran pada industri farmasi dan kosmetik. Ada beberapa daerah di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil minyak kayu putih, diantaranya Kabupaten Buru di Provinsi Maluku dan Kabupaten Merauke di Provinsi Papua. (Dari berbagai sumber)

Comments