Apa Itu Kue Gajah Ndekem ?

Pagi tadi tanpa sengaja ngupingin siaran dari salah satu stasiun radio dari Jogjakarta lewat jogjastreamers.com, kebetulan penyiarannya lagi ngebahas soal jajanan pasar berasal dari daerah istimewa itu yang jadi favorit pendengar untuk sarapan, ternyata yang banyak dipilih adalah kelepon.

Sampai sini saya masih tahu apa itu kue kelepon yang manis serta gurih karena dibalut dengan parutan kelapa, begitu juga ketika penyiar itu menyebutkan putu mayang dan naga sari sebagai makanan dengan nama yang indah, terus penyiar itu bilang ada nama makanan yang namanya membahana seperti semar mendem dan kue gajah mendem entah kue gajah ndekem. Nah untuk nama kue yang terakhir saya mulai bingung, kue apaan itu namanya baru saya dengar karena memang tidak pernah ada di Kota Bandung sebagai tempat saya dibesarkan.



Begitu juga kalau saya jalan-jalan ke Kota Gudeg belum pernah saya bertemu dengan kue itu, karena memang saya jarang berwisata kuliner di kota itu. Akhirnya saya googling untuk memuaskan rasa penasaran saya ketika saya ketikan kata-kata kue gajah mendem yang keluar kue gajah ndekem dan itupun terbatas item dari website yang terkait dengan kata-kata itu.

Dari salah satu website yang berisi e-book saya menemukan penjelasan bahwa kue gajah ndekem itu kue yang mirip dengan semar mendem dan merupakan cemilan favorit salah satu raja di Yogyakarta, di website lainnya saya menemukan bahwa bukan kue, gajah ndekem itu tapi merupakan minuman ada yang mengatakan es gajah ndekem adapula teh gajah ndekem, saya tidak mengerti mana yang bener.

 

Comments