Apel untuk Kebaikan Tubuh

Apel (Malus domestica) selain rasanya yang enak untuk dikonsumsi setiap hari, juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Yup, apel yang daging buahnya berwarna putih ini menyimpan banyak air yang sangat penting dalam mengatur suhu tubuh, membantu proses pernapasan serta pencernaan, dan memelihara fungsi organ di dalam tubuh.

Apel memiliki kandungan serat yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengoptimalkan tubuh dalam penyerapan gizi, dan menghindarkan kita dari penyakit sembelit (susah buang air besar). Di dalam buah ini terdapat karbohidrat, yang diperlukan tubuh kita dalam beraktivitas, karena karbohidrat merupakan sumber energi.  

Selain itu, apel mengandung protein nabati yang dapat menghancurkan zat-zat asing berbahaya. Protein juga berguna dalam pembentukan otot, jadi apel sangat cocok untuk kita konsumsi sebagai salah satu makanan, yang mendukung tubuh anak-anak dalam masa pertumbuhan ini ya.

Buah ini pun menyimpan vitamin A dan vitamin C. Vitamin A sangat baik untuk  memelihara kesehatan mata dan kulit. Sedangkan vitamin C, dapat mengusir berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kekuatan tulang, gigi, serta gusi.

Daging buahnya yang renyah mengandung fosfor, di mana fosfor berperan sangat penting dalam memelihara kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, fosfor berfungsi untuk mengatur keseimbangan kadar keasamaan dalam tubuh.

Apel mempunyai kandungan zat besi, yang diperlukan dalam pembentukan hemoglobin dan mencegah penyakit anemia (kekurangan darah). Buah ini pun menyimpan kalium yang dapat mengatur kadar cairan di dalam tubuh. (Dari berbagai sumber)

Comments