Gizi dalam Ubi Jalar

Ubi jalar tidak hanya membuat perut kita kenyang lho. Tanaman yang termasuk dalam golongan umbi-umbian ini merupakan sumber nutrisi, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Ubi jalar mengandung karbohidrat, yang penting dalam menghasilkan tenaga, sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bekerja dan berolahraga.

Selain itu, ubi jalar menyimpan vitamin A yang sangat berguna dalam memelihara kesehatan mata dan kulit. Tak hanya buah-buahan yang dikenal mengandung vitamin C, di dalam ubi jalar pun terdapat vitamin C, yang diperlukan dalam menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit serta merawat kekuatan gigi dan tulang. 

Ubi jalar yang sering disebut juga ketela rambat ini, mengandung serat yang dapat membantu tubuh kita terhindar dari penyakit sembelit (susah buang air besar) dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kulit dan daging ubi jalar terdiri dari bermacam warna, ada yang berwarna ungu, putih, jingga, merah, dan kuning. Sementara untuk rasanya, ada yang manis dan hambar. Ubi jalar tidak hanya bisa dimasak dengan cara dikukus dan direbus. Tetapi, bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti bola-bola ubi, kue bugis ubi, puding ubi, dan kolak ubi yang rasanya enak, mengenyangkan, dan tentunya menyehatkan. (Dari berbagai sumber)

Comments