Manfaat di Balik Brokoli

Brokoli, sayuran yang satu ini banyak sekali mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh lho. Brokoli dapat melindungi kulit kita dari bahaya paparan sinar ultraviolet, yang berasal dari cahaya matahari, karena brokoli mengandung vitamin E. Vitamin E juga bisa menghaluskan dan menjaga kelembaban kulit.

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan vitamin C, yang sangat baik memelihara kesehatan tubuh, sehingga kita tidak mudah terkena penyakit serta menjaga kekuatan tulang, gigi, dan gusi. Brokoli mengandung vitamin A, yang tentunya berfungsi memelihara kesehatan mata dan kulit kita.

Tidak hanya itu, di dalam brokoli terdapat vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah dan melancarkan metabolisme tubuh. Brokoli banyak memiliki serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan, sehingga kita terhindar dari penyakit sembelit (susah buang air besar).

Brokoli juga menyimpan kalsium yang dapat mencegah osteoporosis (tulang keropos), sebab kalsium sangat berguna dalam pembentukan tulang serta gigi, sekaligus memelihara kekuatan tulang dan gigi.

Selain itu, brokoli mengandung zat besi yang sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah, mengatur suhu tubuh, menyebarkan oksigen, dan melindungi tubuh dari penyakit anemia (kurang darah). Brokoli dapat dikonsumsi dengan berbagai pilihan olahan seperti direbus, dikukus, dimasak menjadi capcay, dan sup yang rasanya sangat lezat. (Dari berbagai sumber)

Comments