Apa Saja Manfaat dari Wortel ?

Wortel (Daucus carota) sangat bagus untuk memelihara kesehatan mata kita, karena mengandung vitamin A. Selain itu, vitamin A dalam wortel pun berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu proses pembentukan sel darah merah dan putih. Vitamin A juga berguna dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga kita tidak akan mudah sakit.

Di dalam wortel tersimpan vitamin C, yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit. Vitamin C berfungsi juga dalam memelihara kesehatan, tulang, gigi, dan gusi.

Sayuran yang banyak tumbuh di daerah berhawa dingin ini, memiliki kandungan serat yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, melancarkan penyerapan gizi, dan membantu kita terhindar dari penyakit sembelit (susah buang air besar).

Selain itu, sayuran yang dalam bahasa Inggris disebut carrot ini, mengandung kalsium yang sangat penting dalam proses pembekuan darah, pembentukan juga menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta mengatur tekanan darah.

Sayuran yang rasanya agak manis ini selain dapat diolah menjadi berbagai masakan seperti sup, capcay, dan perkedel wortel, juga bisa dibuat jus dan cake wortel yang rasanya enak dengan teksturnya yang lembut. (Dari berbagai sumber)

Comments