Fungsi Kapas bagi Manusia

Kapas sangat berguna dalam hidup kita lho.Terutama untuk memenuhi kebutuhan sandang mulai dari benang dan kain yang dapat digunakan untuk  membuat pakaian, tas, seprai, dan lain-lain.

Bagian tanaman kapas yang banyak dimanfaatkan, yaitu serat yang menyelubungi biji yang terdapat dalam buah kapas. Kapas yang siap panen, ditandai dengan kulit buah yang terbuka, sehingga kapas akan muncul dan terlihat dari luar.    

  

Dalam pengolahan kapas menjadi bahan sandang, dimulai dengan pemisahan serat kapas dari biji, kemudian kapas dipintal menjadi benang dengan menggunakan alat pemintal benang. Nah, setelah menjadi benang jika akan diubah menjadi kain, benang harus ditenun dengan  menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) atau alat tenun mesin. Kain dari kapas yang halus bisa dipakai dalam memproduksi busana dan lain-lain. 

Pakaian yang terbuat dari kapas memiliki banyak keunggulan, di antaranya bertekstur lembut, mudah menyerap keringat, tahan lama, dan sangat nyaman digunakan pada musim hujan maupun musim kemarau. Pada waktu musim hujan, pakaian dari kapas bisa menghangatkan tubuh, sementara pada musim kemarau kita tidak akan kegerahan.     

Selain untuk kebutuhan sandang, kapas banyak digunakan dalam dunia kesehatan untuk pembuatan perban. Sementara dalam industri kosmetik, kapas dapat menjadi bahan utama pembuatan spons bedak dan untuk membersihkan kosmetik yang sudah digunakan di wajah. Kapas juga dipakai sebagai bahan baku pembuatan uang kertas. (Dari berbagai sumber)

 

Comments