Pisang Abaca untuk Tekstil

Ternyata tidak semua tanaman pisang dibudidayakan untuk kita konsumsi buahnya lho. Salah satunya tanaman pisang abaca, yang ditanam untuk diambil seratnya.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dan tinggi, dengan ketinggian mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pohon pisang abaca, tumbuh merumpun yang terdiri dari satu induk dan beberapa anakan. Bentuk fisik pohon pisang abaca hampir mirip dengan pohon pisang pada umumnya. Namun ukuran batang semunya lebih kecil.

Nah, serat ini merupakan bagian dari batang semu pohon pisang abaca, yaitu berupa lembaran pelepah daun pisang yang menyatu sehingga bentuknya mirip batang tanaman. Serat dari tanaman yang disebut-sebut berasal dari Filipina ini sangat kuat, awet, serta tahan air tawar dan air laut, sehingga sering dipakai untuk membuat tali kapal laut.  

Cara mendapatkan serat abaca, yaitu dengan mengupas pelepah dari batang semu pisang abaca, kemudian pelepah tersebut dimasukkan ke dalam mesin khusus sehingga menghasilkan serat, lalu dibersihkan dengan air, setelah itu dijemur di bawah sinar matahari hingga kering, dan serat abaca siap diolah menjadi bahan baku produksi kertas, tekstil, dan tali yang ramah lingkungan

Comments