Manfaat Semangka

Semangka tak hanya enak dimakan, kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini pun sangat penting untuk tubuh kita.

Nah, buah ini kaya akan air, sehingga selain dapat menghilangkan dahaga, kandungan air dalam semangka berfungsi dalam mengendalikan suhu tubuh. Air dalam buah ini pun, dapat membantu dalam proses pencernaan makanan dan membersihkan zat-zat berbahaya dalam tubuh.

Tekstur daging buahnya yang lembut dan renyah ini pun menyimpan vitamin C. Sobat Percil, vitamin C sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh, merawat kesehatan kulit dan gusi, juga memelihara kekuatan tulang dan gigi. Apabila kekurangan vitamin C, salah satu akibatnya kita akan mudah terkena penyakit seriawan.

Selain wortel yang terkenal akan kandungan vitamin A, yang baik untuk menjaga kesehatan mata, semangka pun mengandung vitamin A. Vitamin A berfungsi pula dalam merawat kesehatan kulit, rambut, dan menjaga kesehatan tubuh seperti vitamin C.

Buah yang dalam bahasa Inggris disebut watermelon ini, bukan hanya daging buahnya saja yang bisa dikonsumsi secara langsung atau dijus, biji buah semangka pun dapat kita makan sebagai camilan. Biasanya biji semangka ini diolah terlebih dahulu menjadi kuaci. (Dari berbagai sumber)

Comments