Apa Saja Nutrisi di Jagung ?

Jagung (Zea mays) memiliki banyak kegunaan dalam hidup kita, lho. Jagung merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jagung menyimpan karbohidrat, yang berfungsi sebagai sumber energi sehingga kita mempunyai tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas. Jagung pun mengandung vitamin C, E, dan A.

Vitamin C berperan sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, menjaga kekuatan tulang, gigi, dan gusi. Vitamin E mampu menjaga kesehatan kulit dan berfungsi sebagai antioksidan (senyawa yang melindungi sel dari radikal bebas yang berbahaya). Sementara vitamin A dapat memelihara kesehatan mata dan kulit.

Selain itu, jagung memiliki kandungan zat besi, fosfor, dan magnesium. Zat besi berguna dalam pembentukan hemoglobin dan mencegah tubuh kita dari penyakit anemia, lho.

Fosfor membantu pembentukan dan memelihara kekuatan tulang dan gigi, sedangkan magnesium memelihara kinerja otot supaya berfungsi dengan normal. Tanaman berakar serabut ini, kaya akan serat yang dibutuhkan dalam proses penyerapan gizi dan mencegah sembelit.

Jagung pun dapat diolah menjadi minyak jagung dan tepung maizena. Tepung maizena banyak dipergunakan dalam pembuatan kue dan pengental pada makanan berkuah. Nah, selain untuk dikonsumsi biji jagung yang berwarna kuning, dipergunakan sebagai bahan campuran untuk kebutuhan industri kosmetik, tekstil, dan lain-lain. (Dari berbagai sumber)

Comments