Apa Manfaat Kacang Hijau ?



Kacang hijau (Vigna radiata L) tidak hanya enak untuk dikonsumsi lho Sobat Percil. Dibalik bentuknya yang mungil, kacang yang kulitnya berwarna hijau ini, menyimpan banyak kandungan gizi yang sangat penting untuk tubuh kita.

Kacang hijau termasuk salah satu sumber protein nabati, yang berfungsi sebagai penyumbang energi, melancarkan metabolisme tubuh, sebagai pengganti sel tubuh yang rusak dengan membentuk sel yang baru, serta memelihara kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit.



Selain itu, kacang hijau kaya akan kalsium dan fosfor, kedua jenis mineral ini berperan dalam memelihara kekuatan tulang dan gigi. Kalsium juga mampu mengatur tekanan darah dan pembekuan darah, sementara fosfor dapat menjaga keseimbangan kadar keasaman di dalam tubuh.

Kacang ini banyak memiliki serat, yang dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga kita bisa terhindar dari kesulitan buang air besar. Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam kacang hijau, dapat menunda rasa lapar. Nah, makanya tidak mengherankan jika kacang hijau sering dipilih untuk menu sarapan.

Kandungan lain yang tidak kalah pentingnya yang ada dalam kacang hijau, yaitu vitamin B1. Vitamin B1 amat bermanfaat dalam memelihara sistem saraf dan kesehatan jantung. Kacang hijau juga menyimpan asam folat, yang membantu otak dalam memelihara daya ingat. Asam folat sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah, yang dapat mencegah timbulnya penyakit anemia.

Kacang hijau mengandung asam folat bagus untuk kita konsumsi, terutama untuk Ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi kacang hijau, bahkan sebelum masa kehamilan. Hal itu diperlukan supaya bayi yang dilahirkan tidak mengalami kecacatan. (Dari berbagai sumber)

 

 

Comments