Gizi pada Kacang Merah

Kacang merah termasuk salah satu sumber makanan yang dapat dianggap sebagai kawan terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh kita lho. Di dalam kacang merah tersimpan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kacang berwarna merah ini merupakan sumber protein, yang sangat penting untuk tubuh, karena protein berfungsi dalam pembentukan otot. Protein juga dapat menetralkan dan menghancurkan zat-zat asing yang sangat berbahaya dalam tubuh.

Kacang yang bisa disajikan menjadi berbagai macam olahan seperti sayur kacang merah, sup, gulai, puding, selai, dodol, bubur, bolu, hingga es kacang merah ini kaya akan serat. Serat sangat berguna dalam membantu tubuh terhindar dari gangguan susah buang air besar (sembelit) dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Tak hanya itu, di dalam kacang merah tersimpan vitamin B1 dan B9. Vitamin B1 berfungsi dalam memelihara sistem saraf dan kesehatan jantung. Sedangkan vitamin B9 atau dikenal dengan sebutan asam folat ini, sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

Selain itu, kacang merah, mengandung zat besi yang berperan dalam pengaturan suhu tubuh dan dapat membantu tubuh kita terhindar dari anemia (kurang darah).

Comments