Kandungan Gizi dari Sirsak

Sirsak (Annona muricata L.) buah yang rasanya manis dan sedikit asam ini, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti umumnya buah yang lain, sirsak menyimpan banyak vitamin C, nah vitamin C ini berfungsi melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit dan menjaga kesehatan kulit.

Sirsak mengandung banyak air, yang berguna dalam mengatur suhu tubuh, mengurangi penumpukan lemak, dan berperan dalam sistem metabolisme tubuh. Buah ini pun menyimpan kalium yang sangat penting dalam mengatur kadar dan transportasi cairan dalam tubuh, juga memelihara fungsi otot serta saraf.

Sirsak yang daging buahnya berwarna putih ini, memiliki kandungan fosfor yang mampu menjaga kekuatan tulang dan gigi. Sirsak juga menyimpan kalsium, yang berperan dalam mengatur tekanan darah, proses pembekuan darah, dan pembentukan tulang dan gigi .

Selain itu, buah yang kulitnya bergerigi dan berwarna hijau ini mengandung serat yang berperan dalam melancarkan sistem pencernaan, sehingga kita akan terhindar dari gangguan susah buang air besar.

Walaupun termasuk dalam buah-buahan, sirsak mengandung karbohidrat yang penting sebagai sumber energi, guna memberikan tenaga kepada tubuh kita untuk beraktivitas.

Buah ini biasanya kita konsumsi dalam berbagai sajian, antara lain buah yang matang dapat dimakan langsung, dibuat jus, dan selai yang rasanya enak, segar serta menyehatkan tubuh. (Dari berbagai sumber)

Comments