Nutrisi Pepaya

Pepaya (Carica papaya L.) bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk kita konsumsi lho. Buah yang berbentuk oval ini tidak hanya banyak mengandung vitamin C, yang dapat menjaga tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.

Pepaya memiliki berbagai macam kandungan gizi lainnya, yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Pepaya matang yang daging buahnya berwarna kuning atau oranye ini, mempunyai serat yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan, sehingga kita dapat terbebas dari  gangguan susah buang air besar (sembelit).

Pepaya dapat membantu memelihara kesehatan mata, rambut, dan kulit karena buah ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Pepaya juga kaya akan karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, air, dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam masa pertumbuhan ini.

Pepaya tidak hanya dapat dinikmati ketika buahnya sudah matang. Pepaya yang buahnya masih muda atau pun mengkal (setengah matang), sudah bisa kita konsumsi. Biasanya pepaya muda yang daging buahnya berwarna putih kekuningan, dimasak menjadi berbagai macam sayur berkuah maupun tumisan yang lezat rasanya. Sedangkan pepaya mengkal seringkali diolah menjadi manisan ataupun bahan campuran dalam membuat rujak dan asinan.

Selain untuk dikonsumsi, pepaya yang sudah matang dapat dipergunakan sebagai masker alami untuk perawatan kulit dan rambut. Meskipun buah ini berasal dari Meksiko, tetapi pepaya dapat tumbuh dengan baik di negara kita. (Dari berbagai sumber)  

 

Comments