Ribuan Manfaat Singkong

Singkong (Manihot esculenta) memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita, lho. Ya, umbi yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak untuk dinikmati seperti dibuat peuyeum (tapai), keripik, getuk, atau hanya direbus, dikukus, dan digoreng.

Singkong yang sering disebut juga dengan ketela pohon ini, mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga.

Umbi singkong yang berwarna putih ini, kaya serat yang dapat memperlancar proses pencernaan, sehingga kita akan terhindar dari gangguan susah buang air besar. Singkong juga menyimpan kalsium dan fosfor, yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, serta  memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh kita.

Singkong pun bisa dibuat tepung yang disebut tepung tapioka, tepung ini banyak digunakan untuk membuat kerupuk dan aneka kue. Singkong tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan bioetanol, yakni bahan bakar dari tumbuhan (nabati) yang ramah lingkungan. 

Selain itu, singkong dapat pula digunakan sebagai bahan campuran produksi kantong plastik yang ramah lingkungan. Kantong plastik dengan campuran singkong, lebih mudah terurai di dalam tanah dibandingkan dengan kantong plastik yang hanya terbuat dari polimer sintetis.

Kantong plastik ramah lingkungan hanya membutuhkan waktu beberapa minggu, untuk terurai di tanah, hal itu tergantung pada kandungan mikroorganime pengurai yang ada pada tanah. Sementara, kantong plastik yang selama ini banyak digunakan oleh kita, membutuhkan waktu bertahun-tahun bahkan hingga ratusan tahun baru bisa terurai di tanah. (Dari berbagai sumber)

Comments