Tak Hanya Mudah Ditemukan, Kacang Panjang Banyak Gizinya

Salah satu sayuran yang baik untuk tubuh kita adalah kacang panjang. Tanaman polong-polongan ini bisa kita makan langsung sebagai lalapan atau diolah untuk campuran sayur asem, sayur lodeh, lotek, karedok, urap, dan ditumis. Kacang panjang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dalam kacang panjang terdapat serat, protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B6.

Kandungan serat dalam kacang panjang sangat penting dalam mencegah penyakit sembelit (susah buang air besar). Serat pun dapat mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sementara protein, berguna dalam pembentukan otot tubuh dan menetralkan juga menghancurkan zat-zat asing yang berbahaya dalam tubuh.

Sedangkan kalsium dapat menjaga kekuatan gigi dan tulang, membantu proses pembekuan darah, dan pengatur tekanan darah. Zat besi pun memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh kita.

Fungsi utama zat besi membantu tubuh kita terhindar dari penyakit anemia (kurang darah). Selain itu, zat besi sangat bermanfaat dalam mengatur suhu tubuh sehingga tetap stabil.    Sedangkan kandungan vitamin B6 dalam kacang panjang, berperan dalam memelihara kekebalan tubuh dan menjaga sistem saraf. (Dari berbagai sumber)

Comments